Friday 2 November 2012

Candy-Candy itu Jodohnya Albert. TITIK.

Hayooo....angkat tangan, siapa angkatan anak SD tahun 1995 yang gak tau atau gak pernah denger Candy-Candy sama sekali ???

Candy-Candy adalah salah satu komik favorit saya, dan setiap kali baca komiknya, saya PASTI nangis! Saya benar-benar menyesal ketika komik Candy-Candy dijual sepaket dari seri 1-9 kenapa tidak saya beli ketika saya kelas 5 SD, saya malah beli serial Mari-Chan.
Huaaaa....stupidddd....
Sedangkan animenya sempat diputar di RCTI sekitar tahun 1994-1995 yang membuat Candy-Candy booming di kalangan anak cewek Indonesia. Bahkan tidak sedikit juga anak cowok yang tertarik.
Namun sayang sekali, karena masalah sengketa hak cipta antara pengarang ceritanya, dan ilustrator alias mangaka-nya, maka komik Candy-Candy ini tidak dipublish ulang.
Namun, karena kongkalikong antara mangaka-nya dan salah satu perusahaan TV Taiwan, anime Candy-Candy sempat dirilis dalam versi CD/DVD. Sayangnya saya cuma punya sampai season 2 ketika Candy-Candy bekerja sebagai perawat. Sampai saat postingan ini ditulis, saya belum dapet yang season 3.

Yang bikin saya geregetan adalah.....
Perhelatan di dunia maya mengenai ending Candy-Candy yang menggantung.

YA ! Pada bagian ending-nya, diceritakan Candy-Candy akhirnya bertemu dengan Paman William yang selama ini membantu dia mengatasi kesulitan, dan dia ternyata adalah cinta pertama Candy yang ditemui di bukit poni, yang disebut Candy sebagai "Pangeran Bukit Poni" dan juga adalah sahabat Candy yang suka berkelana, Albert.

Pangeran Bukit Poni = Albert = Paman William

Kalau dipikir secara logika, biasanya, cowok yang pertama ditemui di awal cerita dan meninggalkan kesan lalu muncul lagi di bagian ending secara mengejutkan, berarti cowok tersebut dimaksudkan si pengarang cerita sebagai JODOH dari si pemeran utama cewek.

Meski demikian, karena endingnya hanya diceritakan sampai terungkapnya jati diri Paman William, tanpa memberikan hint kepada siapa Candy akan melabuhkan cintanya, para penggemar Terrence Grandchester bersikeras bahwa Candy akan tetap jadian dengan mantannya itu.

Urrghh.......
sebenarnya saya cuma pengen menumpahkan uneg-uneg dan kengototan ini kepada penggemar Terry Grandchester, karena malas bergabung ke forum-forum ga jelas, lebih baik saya tumpahkan di blog saya sendiri.

Pokoknyaaaaaa..

CANDY WHITE + WILLIAM ALBERT ARDLEY

tidak boleh ada interupter lain, apalagi si nyebelin Terry. Biarin Terry ama si Suzanna, biar Candy berbahagia dengan cinta pertamanya yang selalu ada kapan pun dan di mana pun dia membutuhkan dukungan.
Namanya juga jodoh. Gak akan ke mana.

Masih belum percaya juga kalau Candy & Albert adalah SOULMATE ????

Mari kita telusuri perjalanan Candy :

1. Saat Candy sedih karena tak seorang pun menginginkan dia sebagai anak angkat, dia bertemu dengan Pangeran Bukit Poni (aka William Albert Ardley) yang memberi dia keberanian untuk berharap dan terus bermimpi. Saat itu Candy kecil menganggap sang pangeran adalah cinta pertamanya.

2. Enam tahun kemudian, saat Candy berumur 12 tahun dan pertama kali bertemu dengan Anthony Brown, yang dia ingat pertama kali adalah Pangeran Bukit Poni, cinta pertamanya. Tidak heran, karena Anthony adalah keponakan Albert yang memang sangat mirip dengannya. Anthony bahkan sempat cemburu dengan Pangeran Bukit Poni yang selalu diceritakan Candy.

3. Saat Candy hendak dijual sebagai budak ke Mexico oleh keluarga Regan, ia secara tak sengaja bertemu dengan Albert (aka William Albert Ardley) yang saat itu sedang menyamar sehingga tak seorang pun mengenali dia. Dia mengenakan wig coklat, padahal rambut aslinya pirang. Dan mengenakan jenggot palsu, sehingga tampak tua. Padahal aslinya masih muda dan gantenggggg......

4. Saat Candy hidup terlunta-lunta karena perlakuan keluarga Regan, Paman William (aka William Albert Ardley) dengan bantuan 3 bersaudara sepupu Anthonny, Archie, dan Stea mengangkat Candy sebagai putri keluarga Ardley. Konglomerat di Chicago. Di sini, Paman William digambarkan sebagai "Paman Kaki Panjang" yang dengan misterius selalu membantu Candy.
Karena tak seorang pun tahu jati diri William, kecuali si nenek Elroy, semua orang termasuk Candy mengira William adalah seorang lelaki tua kaya yang baik hati dan tidak tertarik bersosialisasi. Padahal William sebenarnya adalah seorang pemuda yang baru beranjak dewasa dan kaya karena dapat warisan, namun lebih suka berkelana dekat dengan alam sehingga dia menyerahkan urusan tetek bengek kepada nenek Elroy dan cuma memberikan instruksi jika keadaan urgent.

5. Paman William menyekolahkan Candy ke St. Paul, di mana ia bertemu dengan Terry Grandchester dan saling jatuh cinta. Sayang (walaupun sebenarnya tidak), kisah mereka tidak bisa berlanjut karena adanya pihak ketiga, Suzanna Marlow. Yahhhh....namanya juga gak jodoh, relain aja deh wahai penggemar Terry. Say bye-bye to Terry.

6. Candy memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah perawat. Di mana pada suatu ketika, ia bertemu dengan Albert yang lupa ingatan. Mereka bahkan sempat tinggal dalam sebuah rumah yang sama alias KUMPUL KEBO, dan menjadi bahan gosip orang. Candy saat itu mungkin hanya menganggap Albert sebagai "kakak" karena ia masih menyimpan rasa sayang pada Terry. Namun berbeda dengan Albert, justru rasa sayangnya pada Candy mulai tumbuh saat ia menjadi orang lain yang lupa ingatan. Rasa sayang Albert kepada Candy saat itu murni dan tulus, ketika ia bahkan tidak mengenali dirinya sendiri. Saat Albert mendapatkan ingatannya kembali, ia pergi dengan diam-diam sambil meninggalkan surat terima kasih pada Candy karena telah merawatnya.

6. Candy dan Terry akhirnya menyadari satu sama lain bahwa mereka tidak mungkin bisa bersama lagi, bagaimana pun rasa sayang itu masih ada. Kisah mereka adalah kenangan manis masa muda. Namun kenyataan yang berbicara lain memaksa mereka untuk bersikap dewasa atas pilihan mereka masing-masing. Sekalipun pilihan itu diambil secara terpaksa. Terry yang hancur-hancuran karena putus asa memutuskan untuk kembali melangkah dan berusaha meyayangi Suzanna, Candy juga memutuskan untuk tidak lagi menemui Terry dan berniat melupakannya.

7. Kisah Candy dan Terry yang menggambarkan kisah masa muda Candy berakhir. Lalu babak baru pun dimulai, babak di mana Candy menuju kedewasaan. Di mana ia kembali ke bukit poni, ke tempatnya berasal. Dan di saat inilah, di awal babak baru, jati diri Pangeran Bukit Poni, cinta pertama candy, yang sejak awal sengaja disembunyikan oleh pengarang, DIUNGKAPKAN. Dan dia adalah....jeng...jeng..jeng....
ALBERT !!!!!

Jadi, sekali lagi saya tegaskan dengan NGOTOT bahwa,

CANDY adalah jodohnya PANGERAN BUKIT PONI
CANDY adalah jodohnya ALBERT
CANDY adalah jodohnya PAMAN WILLIAM


 
Tuuuhh kannnn....adegan endingnya menyentuh banget, tiap kali baca langsung berkaca-kaca

Candy & Albert FOREVER

61 comments:

Unknown said...

setujuuuuuu! :)

udah tau ada candy candy final story novel? baru ada japanese version, tp bisa google burp blog yg bahas ini. Disitu, obvious bgt kalau anohito/HE/that man yang dimaksud kyoko mizuki adalah albert. cuma penggemar terry yg susah move on aja yang ga terima kenyataan ehhehe

Unknown said...

Mau tanya dong kalo albert itu usianya berapa tahun? Terpaut brp tahun sm candy? (Hehe salah fokus)

Unknown said...

ikutan komen biarpun udah lama ya.
saya baca dipembahasan siapa anohito di novel candy candy kalau gak salah beda usianya hanya terpaut 6 tahhun ya dengan albert. saya juga sangat setuju kalau candy dengan albert saja, tapi penasaran dengan anohito yang dimaksud siapa di novelnya kyoko mizuki, berharap banget itu albert ( banyak buktinya sih ), tapi banyak juga yang bilang itu terry.
waktu saya baca ketika sd sampai smp sih saya sukanya sama terry, tapi setelah sekarang dewasa kok berubah ke albert ya, apa karena sudah paham arti cinta sesungguhnya hehehehe

Unknown said...

Sebelumnya 'salam kenal' Erika....
Kalo boleh jujur, candy candy itu adalah serial komik pertama yg saya baca. Langsung 'jatuh cinta' di edisi pertama. Setelah itu, berjuang deh buat beli edisi2 selanjutnya ( sampe 9) walaupun harus rela irit jajan. Maklum, saya bukan dari kalangan cukup, hehehe....
Tapi sayang, komik2 saya hilang diperpustakaan mini saya. Padahal rencananya saya pengen 'ngenalin' candy candy ke anak perempuan saya setelah ia usia 14 tahun ( usia saya saat kenal 'candy candy')..
Hhhh..... Cari komik oke dengan cerita keren sekarang agak susah... Kebanyakan 'dramanya', gak kaya' candy candy.
I love very much candy candy....

euis jgkrsa said...

Hiks hiks ..... saya punya semuanya, komiknya sampai cd nya lengkap banget ... hasil hunting bertahun2 ..... dan kl lg feeling blue ... larnya pasti ke komik atau cd nya ....

Unknown said...

Komik yang selalu membuat saya nangis setiap membacanya... bahkan sampai sekarang!
Berhasil dapat komik lengkapnya setelah hunting sana-sini :)

And yup, setuju banget dengan ending: Candy with Albert!
Bukan masalah bahwa Albert itu Paman William yang mengadopsi Candy jadi anak angkat, toh, umur mereka tidak terpaut terlalu jauh.
Belum lagi banyak yang setuju bahwa sosok misterius "suami" Candy di novel final story-nya adalah Albert!
Clue yang paling masuk akal adalah di mana hanya Albert yang tahu pemandangan bukit pony di musim semi, sementara Terry pernah ke bukit pony hanya di musim dingin, nah! hehe.
Very nice article by the way :)

Lia aja said...

Hermawati, saya pgn donk copy cd candy candy nya. Plissss

Lia aja said...

Hermawati, saya pgn donk copy cd candy candy nya. Plissss

Purnawati said...

Ohhhh my goodness!!!!! Entah kenapa bisa nyasar ke blog ini. Dan menemukan orang2 yg sependapat dng aku :D
20-25 tahun yg lalu aku ngotot2an sama sepupu kalau Candy pasti ended up with Albert tapi dia ngga setuju. Katanya Albert sdh tua??!! Omg cuma beda 5-7 tahun aja kok!!! Komik ini sepuluh kali aku baca complit tetap sepuluh kali juga nangis nya he he memang sensitif n romantis kali aku ini ya?? 25 tahun kemudian aku kawin sama bule yg beda umurnya jg di atas 5tahun he spoilt me sooo much :)

Icha said...

Halo, hanya mau numpang memberikan pendapat... Menurut saya, yang perlu dianalisis adalah apa yang terjadi dan terdapat di rumah Candy saat dia sedang mengingat masa lalu. Saya setuju bahwa Albert sangat penting dalam hidup Candy, namun Anthony dan Terry juga sangat penting.

Kemudian, point tentang Slim's painting di rumah Candy bukan point yang paling kuat untuk membuktikan siapa Anohito. Walaupun Terry hanya sempat ke Pony's Home waktu winter, dia bisa mengenali bentuk Pony's Home dari atas bukit. Terry adalah aktor, ingatannya kuat sekali untuk bisa mengingat-ingat dialog. Albert pasti tahu lah Pony's Home, tapi Terry tahu bird's eye view Pony's Home dari atas bukit. Menurutku, Slim's painting bisa mengarah baik ke Albert maupun Terry.

Sedangkan daffodils dan Shakespeare books, semuanya mengarah ke Terry, karena di CCFS novel, tidak ada reference bahwa Albert berkaitan dengan daffodils dan Shakespeare. River Avon juga mengalir ke, salah satunya, Stratford-Upon-Avon, di mana Shakespeare companies biasa mangkal.

Saya tampilkan di bawah ini dua link analisis saya tentang Anohito. Memang saya berkesimpulan Anohito itu Terry, tapi saya mengambil kesimpulan tersebut setelah menganalisis sebuah blog yang ditulis oleh seorang fans dari Jepang. Dari analisis saya tentang apa yang terjadi dan terdapat di rumah Candy, saya berkesimpulan ada 7 hal yang benar-benar berkaitan dengan Terry, 4 hal yang bisa berkaitan dengan Terry dan juga Albert, dan tidak ada hal yang hanya bisa dikaitkan dengan Albert.

http://becomingicha.blogspot.com.au/2017/08/candy-candy-final-story-summary-of.html

http://becomingicha.blogspot.com.au/2017/08/anohito-analyses-recap-and-candy-candy_14.html

Demikian, semoga pendapat saya dapat diterima dengan baik, walaupun tidak sependapat... Jika tidak sependapat, tidak apa-apa, toh ini bukan persoalan paling penting di bumi ini...

Unknown said...

Coba deh baca baca blog ini :

www.mspuddleshaven.com

https://beautifulillusionwonder.wordpress.com/tag/candy/

Dua blog di atas memang dibuat oleh Albertfan, tapi analisa dan pembahasannya sangat detail, dengan bukti bukti yang jelas dan mengacu pada referensi manga dan Candy Candy old novel ( novel yg keluar pada kurun waktu yg berdekatan dengan dibuatnya mang-nya). Dua blog ini menggunakan bahasa inggris. Di Ms Puddle's Haven blog juga ada unofficial translation dari Candy Candy Final story dalam bahasa Inggris.

Dua pemilik blog ini juga menulis fanfictions yang sangat sangat rekomen.

Selamat menikmati! :)

Triulsa said...
This comment has been removed by the author.
Candy fans said...

Googling aja di internet.. Kan ada read online manga-nya tapi dlm bahasa inggris

Candy fans said...
This comment has been removed by the author.
Candy fans said...
This comment has been removed by the author.
Candy fans said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Wahhh wow aq terdampar disini hehe.. Entah kenapa aq inget cerita komik candy2..
Dulu walaupun aq msh SMP pas baca sudah menebak ketika komik itu tamat bahwa candy mulai jatuh cinta terhadap Albert.. Dan membuka lembaran baru bersama Albert.. Terry cinta masa muda.. Albert cinta sejati..
Itu yg aq pikirkan ketika SMP..
Walau pada saat itu aku berpikor " wih albert ketuaan hahaha" dulu aq senengnya sama anthony, galau bgt pas anthony meninggal, sblm anthony meninggal sbtlnya dia mo mengungkapkan jati diri "prince of hill" tp keburu kecelakaan dan meninggal, pada saat itu walaupun aq msh SMP aq lgs berpikir bahwa jodoh candy kelak adalah pangeran itu.. Yg meninggalkan kesan mendalam u candy..
Pas akhir cerita terungkap bhw Albert adalah pangeran bukit nya, candy end up with Albert for sure..
Ada Anthony dan Terry, itu merupakan perjalanan kisah cinta candy sblm menemukan cinta pertama, cinta terakhir, cinta sejati
So sweet
Cerita candy candy is masterpiece

Unknown said...

Wahhh wow aq terdampar disini hehe.. Entah kenapa aq inget cerita komik candy2..
Dulu walaupun aq msh SMP pas baca sudah menebak ketika komik itu tamat bahwa candy mulai jatuh cinta terhadap Albert.. Dan membuka lembaran baru bersama Albert.. Terry cinta masa muda.. Albert cinta sejati..
Itu yg aq pikirkan ketika SMP..
Walau pada saat itu aku berpikor " wih albert ketuaan hahaha" dulu aq senengnya sama anthony, galau bgt pas anthony meninggal, sblm anthony meninggal sbtlnya dia mo mengungkapkan jati diri "prince of hill" tp keburu kecelakaan dan meninggal, pada saat itu walaupun aq msh SMP aq lgs berpikir bahwa jodoh candy kelak adalah pangeran itu.. Yg meninggalkan kesan mendalam u candy..
Pas akhir cerita terungkap bhw Albert adalah pangeran bukit nya, candy end up with Albert for sure..
Ada Anthony dan Terry, itu merupakan perjalanan kisah cinta candy sblm menemukan cinta pertama, cinta terakhir, cinta sejati
So sweet
Cerita candy candy is masterpiece

Unknown said...

Aq bikin cerita sendiri deh. Akhirnya Albert ngelamar Candy dan Candy nerima. Trus mereka married n happily ever after.

Unknown said...

Iyaaaa mbaaa setujuuuhh, sy jg dari awal baca endingnya uda ngira albert eh willian itu jodohnya candy. Tapi aneh gak sih, anak angkat nikah ama bapaknya haha

Unknown said...

Gegara kangen candy candy aku ampe nyasar kesini hahaa waduh ini komik aku baca pas masi SD dan bener2 jatuh cintaaaa. Dulu baca komiknya ampe yg terakhir tapi aku rada2 lupa ceritanya gimana😢karna masi SD ngerti dikit2 isi ceritanya😂 ya Tuhan bener2 kangen. Dimana ya bisa dapet/donlot komiknya ??

deeckee said...

Sampai 2018, tapi perdebatan tentang anohito masih menarik untuk dibahas... Bagi saya pribadi, albert adalah the right man untuk candy.
Candy dan terry sudah memutuskan untuk say goodbye dan berjanji untuk bahagia dengan cara masing2. Kenapa harus gamon alias gagal move on... Masa depan terry adalah dengan susanna, meski akhirnya susanna harus diceritakan meninggal. Dan masa depan karirnya sebagai aktor adalah di panggung broadway amerika.

Masa depan candy adalah dengan william albert, dimana candy menemukan kenyamanan (feels like home) ketika bersama albert, sementara albert tidak menginginkan hal lain selain untuk terus hidup bersama dengan candy..

deeckee said...

Oia dengar2, ada perbedaan antara old novel candy dan ccfs. Old novel menjelaskan lebih jelas dibanding ccfs (kalau tidak salah baca). Kira2 adakah yg tahu full translation old novel candy?

Unknown said...

Agreeeee... Tp saya mau ada lanjutan tuh komik 😞.. Biar tuntas rasa penasaran dgn ending buku ke 9 tuh 😭.. Dulu waktu komik ke 9 nya keluar, berharap tidak ada tulisan tamat di halaman terakhirnya 😭😭..

Unknown said...

Coba di bikin lg sambungannya ya.. baru aja selesai lg nonton Candy.. padahal anime, tp bisa bawa kita sprt di kehidupan nyata.. nangis, ketawa, kesel, jadi 1 klu nonton dia.. dpt cd nya di Tok Ped, walaupun bajakan, tp lumayan ada teks bhs Inggrisnya.. pengennya Candy Candy trs ada seri barunya.. love Candy2 so much.. slm kenal ya semua..

Unknown said...

Cerita nya gantung 😑

Unknown said...

Baca Candy Candy jaman masih SD, nungguin Gramedia & Gunung Agung buka demi dulu2an dapetin komiknya keluar. Komiknya dipinjem orang, ilang, beli lagi.. gitu aja terus.. hehe..
Jadi jatuh cinta sama Terry (maksudnya saya.. hehe..). Well, he was my first love ❤️ How could it be? He’s just comics’ character 😅 Tiap baca kisah cinta Candy Terry selalu mewek di kamar.. Barusan baca lagi, nelangsa lagi 😭😭 Dan udahannya saya dapet pacar2 yg bad boy gitu modelnya, ya sad ending lah, long distance lah, dll.. Dan sekarang berlabuh sama suami yg baik macam Albert gitu (tapi ternyata masa lalunya badung kayak Terry jugaa.. teteupp..) 😂🤣
Tertanda,
#fansTerry 🥰

Unknown said...

Tapi ada di Youtube yang jelasin bukunya Kyoko Mizuki (tulisan kanji), anohito-nya itu Terry 😅 Jadi bingung (tetep ngarep Terry.. hehe..)

https://youtu.be/tSiecrL7J2g

Unknown said...

Btw, di Indo komik Candy Candy jilid pertama (penerbit PT Elex Media Komputindo) terbit tahun 1991. Candy Candy pelopor manga di Indonesia 😍😍

danti said...

waaahhh senangnya masih banyak yg membahas tentang Candy-candy... Baru kelar nonton anime nya lagi.. dan langsung penasaran nyari komiknya.. dan pengen semuanya.. pengen tau happy endingnya.. soalnya candy candy itu isinya sedih terus... hiks... Biarkanlah dia bahagia dengan Albert... huhuhu.. Albert juga so romantics.. ada rasa sayang ke Candy waktu mereka tinggal bareng... Memang Candy Candy itu sebuah masterpeace ya... sudah 40th lebi dan terus aja banyak yang membahas...

Unknown said...

Pengen nonton lagi.. tp takut sedih lagi.. hahahaha.. padahal umur dah 37, nonton Candy-Candy ttp aja nangis.. hati jadi gak karuan, kebawa sedihnya berhari2.. 🤣🤣🤣

Candy fans said...

Khabar gembira bagi fans pasangan Candy-Albert!!!
Prancis akan meluncurkan buku terjemahan resmi Candy Candy Final Story dg sub judul Vol.1 "Candice White l' Orpheline" pd tgl 13/3/2019 dan Vol.2 "Le Prince de la Colline" pada tgl 12/6/2019. Dua sub judul tsb telah mendapat persetujuan dari sensei Keiko Nagita atau yg biasa kita kenal dg Kyoko Mizuki. Dia pun akan hadir u/ peluncuran buku tersebut dan memberikan tanda tangannya pd tanggal 15-17/3/2019 di lokasi yg sudah ditentukan; Stand Pika Èdition & Librarie Gibert Jeune à Paris. Silahkan kunjungi page 'Pika Edition' di https://www.facebook.com/mangapika/
atau searching di internet untuk memastikan khabar ini. Disana para fans Terry banyak yg protes karena perihal sub judul vol.2 tersebut XD dan pihak Pika edition memberikan penjelasan mengapa memilih sub judul tersebut, tidak lain karena benang merah yg terhubung antara Candy & Albert. Lucunya fanatik dari fans Terry justru tetap meyakini kalau Terrylah sang pangeran diatas bukit dikarenakan dia juga pernah datang ke atas bukit Pony padahal jelas2 pihak Pika sudah memberikan penjelasan ttg pentingnya Albert dlm cerita tsb.
Fans Candy-Albert di seluruh penjuru dunia sedang merayakan khabar gembira ini sebab akhirnya telah terbit cahaya terang tersebut!! Wohoooo!!Yeah!!Anohito is Albert!!!

Candy fans said...

Maaf salah kasih info sub judul, yg benar CCFS vol.2 : "Le Prince sur la Colline".
Buat yang bisa berbahasa Prancis, keberuntungan besarlah ini. Salam ;)

leni aulya said...

candy ttp jodohnya terry...������

Unknown said...

Masih berharap candy sama Terry 😍

Candy fans said...

Wawancara terbaru Keiko Nagita untuk peluncuran buku CCFS terjemahan Prancis "Candy Candy; Le Prince sur la Colline" https://www.journaldujapon.com/2019/06/12/keiko-nagita-aux-sources-de-candy-candy/

Candy fans said...

Rangkuman buku ke-2 "Candy Candy; Le Prince Sur la Colline" http://www.pika.fr/catalogue/pika-roman/candy/candy-le-prince-sur-la-colline-31369

Candy fans said...

Banyak yang mewawancarai Keiko Nagita saat berada di Paris untuk peluncuran buku pertama "Candy Candy;Candice White l' orpheline"
Diantaranya yang ada dibawah ini:

https://www.bulle-shojo.fr/interview/2019/03/19/entretien-avec-keiko-nagita/

Keterangan hubungan Candy & Albert:
https://www.facebook.com/1697129413721519/posts/1766767400091053/

Conference Part 1 https://www.facebook.com/1697129413721519/posts/1747980208636439/

Conference Part 2 https://www.facebook.com/1697129413721519/posts/1748690815232045/

Conference Part 3 https://www.facebook.com/1697129413721519/posts/1749587611809032/

Silahkan untuk menggunakan bantuan penerjemah berbahasa Prancis atau langsung dengan Google translate.

Candy fans said...

Menurut pembaca di Prancis yang saya copas:

J'ai commencé à lire mon livre Candy - Le Prince sur la colline. Je voulais commencer par l'épilogue l'échange de lettres entre Candy et Albert. Nagita nous avait promis plus de détails et un nouvel épilogue, je dois dire qu'elle a tenu parole. Des détails nous en avons tout au long du 2 Vol de Cfs. L'interprète japonais de Nagita et un membre de Pika Edition m'ont dit que je ne serais pas déçu en tant qu'Alberfans. Je dois avouer que je suis ravi jusqu'à présent, l'épilogue est excellent et Albert et Candy sont très clairs sur leurs sentiments. Ce ne sont plus des suppositions entre eux mais des mots clair et bien précis . Au fur et à mesure que je progresse dans ma lecture, il ne fait aucun doute qu'Albert est cette personne qui est auprès de Candy. Je dois dire que lire la traduction de Cfs dans ma propre langue et les différentes expressions françaises me remplit de joie. Je trouve que Jean de la couronne a bien assurer et nous fidèlement transmis les pensées exactes de Nagita.

En fait c'est la même histoire, mais avec plus de détails voir même des informations qui ne figure ni dans Cfs version Japonaise et ni dans la version Italienne.Nagita a ajouter des bonus dans l'épilogue mais pas que l'épilogue les autres récits aussi.Franchement je trouve le deuxième volume excellent beaucoup plus que : Candice White l’orpheline qui n'est pas trop différents de la traduction Italienne.

Candy fans said...

Baca link ini juga menarik! Berisi penjelasan dari wawancara terakhir Keiko Nagita. Serta bagaimana reaksi fans Terry terhadap editorial Pika.
https://finalstorycandycandy.com/2019/06/15/le-prince-sur-la-colline/

Candy fans said...

Ini juga menarik! Ada perbandingan beberapa bagian dari novel CCFS berbahasa Jepang, Itali dan juga Prancis.
https://finalstorycandycandy.com/2019/06/16/cosa-fa-infuriare-le-fan-di-terry-nel-2-vol-di-ccfs-francese/

Candy fans said...

Lagu favorit Keiko Nagita (saat di interview) yang menguak jati diri suami Candy. https://finalstorycandycandy.com/2019/06/15/943/

Candy fans said...

Candy il est agréable de partager à deux quelque chose :Le partage n'est- il pas la clé du bonheur ? Laissse moi partager tes peines et tes joies , elles te seront plus lègère ....Prometez le moi comme je te le promets ....Oh Albert je te le promets .Lié par ce file rouge du destin .Albert à Candy : J'ai trouvé sur cette colline une raison de vivre ...Cette raison de vivre c'est toi Candy . Quand je t'ai sauvée de la noyade dans cette cascade, je t'ai immédiatement reconnu grâce à mon badge que tu portais au cou. Tu m'as raconté ta vie j'ai pensée : Cette fille je peux faire son bonheur, je veux faire son bonheur...

Extrait : Du roman Candy-Le Prince sur la colline page 242J'étais un homme suspecté de crime sans identité et sans mémoire. Mais tu ne m'as pas abandonné. Tu as perdu ton emploi à cause de moi, et pourtant, tu as continué à m'insuffler ton courage. Tu m'as soutenu en me promettant que la mémoire te reviendrait, sans faute, tôt ou tard . Tu en étais sûre et certaine.. parce que je t'avais aidée un jour ... Jamais je te remercierai assez .

A partir de maintenant, je veux chercher où est ton bonheur, et je ferai tout pour te l'apporter.

Dès mon retour, je prends des vacances et je viens te voir.

Bart (Bert ). Cfs version Française page 250

Réponse de Candy :

Mon bonheur? Mon bonheur, c'est maintenant. cette nuit non plus, je ne pourrai pas dormir. Mais toi mon petit Bart ( Bert ) fais de beaux rêves!

Avec amour et gratitude.

Candy Page 254

Anonymous said...

Eeh trnyatanya Indonesia pnya blog Candy" yaa!Kok banyak yg komen tp dak ad balasannya ya? Sayang bgt. Dak papa deh numpang ngasih info juga yah soalnya biar clear semua. Saya juga tau ttg conferensi ibu Nagita di Paris. Stlh konfrnsi itu akhirnya pemilik forum CandyTerry terbesar di dumay tutup.Dia dpt pencerahan lgsg dr bu Nagita kalo anohitonya Albert. Gara" pengen membuka mata pengikutnya di member CTForum, jd kena bully trus tutup slmnya! Tapi yg masih mengakui Terry=anohito membikin forum baru dg nama lain.Pionirnya ganti krn yg lama sdh berubah pikiran. Kaget juga sih tapi ibu Nagita cuma membisik pd fans Albert kalo dia yg jadi jodohnya Candy. Kebetulan yg ex pemilik CTforum menghadap ibu Nagita berbarengan dg temannya yg fans Albert setelah acara temu penulis slsai. Dia dak sengaja denger dari bu Nagita langsung. Walopun ibu Nagita ingin ngerahasiain identitas anohito, yaah namanya juga manusia dan juga wanita tteplah ada rasa mau berbagi bahagia dg pembacanya yg sejalan dg hatinya. Akhirnya si pemilik CT forum janji mau membikin damai fans Terry spy mau terima kenyataan. Sayang beribu sayang cuma kena bully dan dijauhkan pengikutnya krn dianggap pengkhianat.Kalo yg lagi hot skrg tuh lg membikin novel Candy terjemahan Spanyol yg sdh bisa dipesan. Serunya ada interview antar fans Terry-Albert dg editorial & korektor buku Candy. Dak paham sih tapi ada temen yg ngerti Spanyol ya minta di terjemahin deh. Ada di youtube dg judul ESPECIAL CANDY CANDY. Editorialnya bukan fans dr siapapun tapi menurutnya dlm
novel itu sgt jelas ngegambarin
3 cinta Candy jg inspirasi dr beberapa novel. Di interview lainnya ada dijelasin kalo tiap bagian buku nanti direpresentasikan dg gambar. 1.mawarnya Anthony, 2.daffodil Terry dan 3/Epilog dg gambar surat. Ada yg lucu kata editorialnya mustahil buat Terry memboyong Candy ke UK krn masa depresi keuangan saat itu dak mungkin Terry bisa beliin rumah u/tempat tinggal mereka trus punya pegawai di dalamnya. Iya toh masuk akal. Lha selama hidup dg Susana kan Terry mesti biayain kehidupan bersamanya begimana mau nabung beli rumah dimasa krisis?? Touring pertunjukan ke UK kan dibiayain teater.hik hik hik

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Setujuuuu jodohnya candy harus s paman wiliam dong...tp.tery juga keren hahahhaa enaknya jd candy bisa milih 😂

Unknown said...

Baru selesai nonton candy candy lagi...mewek lagi...bete lagi karena ending yg ngegantung...dan usia saya sekarang 42 th... Pertama baca komiknya waktu SD dan tetap menjadi comik terindah yg pernah dibaca....

Sansan said...

Dan saya masih bingung. Coba tanyakan ke pengarangnya

Unknown said...

Waktu pertama kali candy ketemu albert (pangeran bukit pony) umur candy 6 thn n albert 17 thn...hal ini sempat muncul(ditanyakan candy waktu tuan leagan hendak membawanya sebagai teman eliza)

Unknown said...

Biasanya banyak di google...tp klo mau nonton versi kartunnya boleh ke (Anime Tempo Dulu) disitu lengkap dr episode 1/115

Anonymous said...

Gak usah bingung. Kini zaman sdh global kok bingung?heee. Simak informasinya di youtube,grup FB maupun Page FB. Yg recomended banget tuh Page FB Arechi Manga karena merekalah penerbit novel Candy Candy bhs Spanyol. Gak ngerti bahasanya? Skrng sudah ada terjemahan instant yg mempermudah komunikasi antar bangsa. Youtubenya pun bisa dicari subtitle nya. Aku sdh nonton banyak dari interview editorialnya dan ada subtitle Indonesianya juga. Nanti tahun 2020 ini, antara bulan Oktober-November akan ada interview secara ZOOM dg sensei Keiko Nagita bersamaan dengan memperkenalkan buku barunya yg berjudul Apel Emas.
Berita yg lagi booming sekarang diantara fandom Candy Candy sudah jelas klaw Albert bukan ayah angkat tetapi tutor legal. Hmm.. Page yg ngebahas ini namanya 'Candy Candy Final Story'. Ada interviewnya. Ingat, cari PAGE bukan group FB. Di sana bisa ketemunya. Jadi editorial Arechi Manga sdh menghubungi agen sensei Keiko Nagita mengenai polemik nama White yg menempel pada nama Candy. Fans Terry mempercayai klo itu adalah second name tetapi rupanya surname spt yg selama ini dipercaya oleh fans Albert. Dan terbuktilah kebenarannya bahwa itu merupakan surname sehingga menjelaskan bahwa Candy diangkat oleh clan Ardlay dan bukan oleh Albert yg menjadikannya sbg ayah angkat. Sehingga di usia dewasanya, Candy boleh memilih untuk mencopot surname Ardlay. Ini sama persis spt cerita Juddy dlm cerita Daddy Long Leg. Diapun mendapatkan surname 'Abbot' saat di panti asuhan. Jadi pemberian surname boleh diberikan oleh direktur panti asuhan. Mengapa Annie tidak memiliki surname saat di panti? Agen dr sensei menjelaskan klo sebenarnya ada namun tidak dibahas. Juga, Annie langsung kehilangan surname-nya ketika diangkat oleh keluarga Brighton. Ini dikarenakan keluarga Brighton tdk menginginkan org lain tau klaw trnyata Annie anak panti.
Yah lwar byassa deh editorial Arechi Manga ini. Mereka punya peran besar dlm meluruskan fakta sebab chaos yg besar itu asal mulanya dari fans yg berbahasa Spanyol. XD XD Selamat mencari informasinya yah kawan kawan pecinta Candy. Masuk jugalah ke group fandomnya biar seru untuk gali informasinya. Bebas mau pilih grupnya fansnya Terry taw Albert,tapi carilah group yg punya rasional dan bukan fanatisme buta. Wish u all good luck, guys! I'm so happy now!

Anonymous said...

Baru2 ini googling cari kabar page yg saya follow ttg Candy2, eh ketemu page yg bhs Itali. Adminnya bilang klo mereka meminta maaf atas nama fans Itali sebab dari negara merekalah awalnya kisruh cerita palsu Candy yg bersatu dg Terry. Mereka bilang, sampe2 sensei Keiko Nagita menulis prolog u/ para pembaca Itali yg harus membuka mata mereka. Perjuangan u/meluruskan cerita itu berat tapi salut dg pengakuannya. Butuh keberanian. Beda dg si Lady Gato yg semakin menyesatkan orang banyak. Entah urat malunya ada dimana. Akun fbnyapun palsu dan pakai gambar kucing.wkwkwk

Anonymous said...

,......................

Anonymous said...

Pernah dengar tentang bros Luckenbooth?

Bros Luckenbooth adalah tanda cinta tradisional Skotlandia - sering kali diberikan sebagai bros pertunangan atau pernikahan.

Berkat informasi ini, kita dapat mengetahui alasan Albert meminta Candy untuk mengembalikan brosnya, untuk diberikannya lagi nanti.
Dapat dipahami bahwa saat itu Candy telah menyembuhkan hatinya dari kekecewaan yang dialaminya setelah perpisahannya dengan Terry. Jadi Candy menerima bros itu kembali dan mengembalikan buku Diary yang hampir seluruhnya berbicara tentang Terrry. Baginya perasaan itu sudah berlalu.

Kini Candy menerima perasaan yang ditunjukkan Albert padanya, benar-benar kisah cinta yang luar biasa. ❤️

Anonymous said...

Pernah dengar tentang bros Luckenbooth?

Bros Luckenbooth adalah tanda cinta tradisional Skotlandia - sering kali diberikan sebagai bros pertunangan atau pernikahan.

Berkat informasi ini, kita dapat mengetahui alasan Albert meminta Candy untuk mengembalikan brosnya, untuk diberikannya lagi nanti.
Dapat dipahami bahwa saat itu Candy telah menyembuhkan hatinya dari kekecewaan yang dialaminya setelah perpisahannya dengan Terry. Jadi Candy menerima bros itu kembali dan mengembalikan buku Diary yang hampir seluruhnya berbicara tentang Terrry. Baginya perasaan itu sudah berlalu.

Kini Candy menerima perasaan yang ditunjukkan Albert padanya, benar-benar kisah cinta yang luar biasa. ❤️

Unknown said...

saya berusia 42 tahun.... saya berfikir...jodoh candy memang albert... perbedaan usia is no matters... yg penting candy cintaaaa... hehheehhehe... buku komik jepang pertama yg saya baca... it`s a such a unforgettable story... and now my liitle daughter like it too.... it`s a romantic stories that I ever read...

Unknown said...

Coba liat interview lgs penulisnya itu si keiko nagita di candy candy final story. Jls dikatakan anohito itu terry. Itu udh penulisnya sendiri loh yg blg makanya jgn simpul2in sendiri. Mending liat faktanya dr penulisnya lgs bs googling

Unknown said...

Cek novel candy candy final story penulisnya keiko nagita. Ada interview lgs jg dg keiko nagita klo novel CCFS murni menceritakan tokoh2 asing/barat bukan jepang, anohito itu terry krn terry org inggris dan candy tinggal di inggris ikut suaminya. Cek aja novel CCFS nya by keiko nagita dan interview lgs dg penulisnya😁😁

Unknown said...

Emg bukan sama albert😋 coba cek candy candy final story, novel karangan kyoko mizuki. Cluenya Semua mengacu ke terry, tll berat kalo sm albert kan dia ayah angkatnya. Rancu bgt klo sm albert. Candy tinggal di inggris sm suaminya, terry org bangsawan di inggris. Googling aja ☺☺

Unknown said...

Ngaco ini😋😋 coba cek lg CCFS karya kyoko muzuki

Unknown said...

Ngacooo😅😅😅 ya lahh masa candy merit sm ayah angkatnya